//
you're reading...
Otomotif

Sejarah Nama Fleetwood pada GM Cadillac

FleetwoodFLEETWOOD Metal Body Company (FMBC) adalah perusahaan yang didirikan pada 1 April 1909 oleh Harry C Urich (1867-1941) dengan beberapa prinsipal Reading Body Company (RBC). Setelah RBC dijual pada Garford, yang merupakan produsen mobil awal, tim ex-pekerja RBC dan rekan-rekannya memulai FMBC untuk memproduksi bodi mobil di bekas Fleetwood Planing Mill di E.M Hill’s.

Kualitas pekerjaan dan gaya menjadikan Fleetwood dipercaya oleh beberapa produsen mobil terkemuka, dan sebagian besar order dari Packard. Dalam dua puluh tahun perusahaan ini berkembang dan menjadi coachbuilder (semacam desain karoseri) pilihan Lincoln. Perusahaan Fleetwood berlanjut menjadi pembuat bodi mobil independen hingga ia diakuisisi pada tahun 1925 oleh Fisher Body Company (FBC) yang merupakan anak perusahaan General Motors (GM).

Setelah bergabung dengan Fisher, Fleetwood ditugaskan sebagai pembuat bodi Cadillac yang dianggap penting bagi perusahaan. Hasil kerjanya yang luar biasa membuat Fleetwood akhirnya menjadi bagian dari Cadillac pada 1928.

Mulai tahun 1929, sebagian besar tugas yang diterima Fleetwood berasal dari Cadillac, dan sangat sedikit tugas dari luar yang diterimanya. Akhirnya, atas petunjuk dari GM/Fisher, perusahaan (Fleetwood) juga membuat rangkaian produk model-model Cadillac dengan menggunakan nama Fleetwood hingga GM memindahkan operasionalnya ke Detroit pada 30 Desember 1930.

Ketika era coachbuilder mulai surut nama Fleetwood digunakan oleh Cadillac untuk menandai seri termahal dari model Seri 70 dan 60. Dan sejak 1972 Cadillac menggunaka kembali nama Fleetwood sebagai nama sebutan model bagi sedan mewah yang diproduksinya.

Sumber: Media Indonesia.com

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: