//
you're reading...
Otomotif

10 Perancang Mobil Terkenal

Patrick (Foto : Istimewa)Patrick (Foto : Istimewa)INGGRIS sejak lama dikenal sebagai negara aristokrat yang memiliki gaya dan desain mobil yang elegan. Banyak mobil yang dilahirkan di negeri Ratu Elizabeth tersebut. Begitu pula dengan desainernya. Inggris memiliki segudang perancang mobil yang memiliki kualitas dan kemampuan membuat desain mobil yang bagus.

Chapman Collin ( (Foto : Istimewa)Chapman Collin ( (Foto : Istimewa)Mau tau siapa mereka? Yuk,kita lihat!

1. JP Blatchley
JP Blatchley merupakan perancang mobil – mobil Rolls-Royce yang hasil desainnya masih bisa dilihat hingga sekarang. Meski memiliki background di bidang aeronautical engineering, JP Blatchley terbukti mampu membawa mobil-mobil Rolls-Royce menjadi lambang kekayaan dan gaya hidup bangsawan.

2. Chapman Colin

Pria yang merupakan desainer Lotus ini merupakan kunci desain-desain mobil Lotus. Chapman berhasil berimprovisasi dalam hal desain dan menggabungkan DNA mobil balap di mobil biasa.

Chapman juga berhasil bereksperimen dengan menggunakan material-material baru dalam setiap mobil buatannya untuk mereduksi berat mobil dan meningkatkan performa. Hal itu menjadikan mobil-mobil Lotus menjadi mobil yang cantik bila dipandang dan menyenangkan ketika dikendarai.

Sir Alec ( (Foto : Istimewa)Sir Alec ( (Foto : Istimewa)3. Sir Alec Issigonis

Malcolm Sayer ( (Foto : Istimewa)Malcolm Sayer ( (Foto : Istimewa)Merupakan desainer merek mobil legendaris Mini, Issigonis berhasil membuat mobil Mini menjadi mobil kecil dengan efisiensi yang tinggi hingga akhirnya sempat menjadi ikon Inggris.

Dia mempelopori penggunaan suspensi independen dan menjadikan sistem penggerak roda depan (front wheel drive) menjadi standar industri roda empat dunia. Proyek besar pertamanya adalah Morris Minor, yang menunjukkan kemampuannya untuk membuat mobil dengan daya tarik massa. Mobil ini bahkan mampu bertahan dan produksinya berlangsung selama 20 tahun lamanya.

4. Malcolm Sayer

Malcolm Sayer adalah desainer yang melahirkan desain untuk Jaguar E-type yang hingga saat ini masih dipandang sebagai salah satu mobil dengan desain terbaik di dunia. Sayer mulai berkarir di Jaguar dengan membuat dua ‘classic racing machines’ yakni C-Type dan D-Type.

Namun E-Type adalah maha besar yang pernah dia buat. Tipe ini bahkan pernah menjadi panutan desain British sportscar yang telah terjual hingga 70 ribu unit. Sayer juga berniat membuat XJ13 racing prototype dan XJS sebelum kematiannya di tahun 1970.

Ian Cullum ( (Foto : Istimewa)Ian Cullum ( (Foto : Istimewa)5. Gordon Murray

Pria yang lahir di Afrika Selatan ini merupakan figur kunci dari pengembangan mobil legendaris McLaren F1 yang menjadi pioneer dalam penggunaan carbon fiber di sasis monokok yang menjadi benchmark dalam 20 tahun terakhir.

Gordon Muray ( (Foto : Istimewa)Gordon Muray ( (Foto : Istimewa)6. Ian Cullum

Ian Cullum adalah direktur desain di jaguar yang melahirkan Jaguar XK. Tidak hanya itu, Ian Cullum pun diketahui menjadi konsultan desain bagi Aston Martin ketika membuat mobil DB7.

7. Martin Smith

Meski berdarah British, Smith merupakan seorang desainer mobil yang bukan membuat mobil-mobil asal Inggris melainkan membuat desain mobil untuk merek Jerman, Audi dan Amerika, Ford.

Dialah orang yang membuat pergerakan dari Audi 80 ke teknologi Quattro. Smith pulalah yang bertanggung jawab atas garis besar desain Ford Eropa yang dinamakannya ‘Kinetic Design.

8. Peter Stevens

Martin Smith ( (Foto : Istimewa)Martin Smith ( (Foto : Istimewa)Pria ini merupakan salah satu desainer ‘kutu loncat’ yang berhasil. Stevens terlihat menikmati membuat desain-desain untuk beragam merek mobil mulai dari Lotus, Jaguar, Subaru, McLaren (bersama Murray membuat F1), BMW, Lamborghini, General Motors dan MG Rover Peter Stevens.

Charles Spencer( (Foto : Istimewa)Charles Spencer( (Foto : Istimewa)Kini Peter Stevens bekerja sebagai konsultan desain untuk manufaktur mobil Asia seperti mobil-mobil asal China, Jepang dan India.

9. Charles Spencer ‘Spen’ King

Spen King merupakan bapak dari mobil tangguh Range Rover. Bergabung dengan Rover di tahun 1945, Spen King memimpin sebuah tim untuk membuat Rover 200 dan menciptakan mobil yang hingga saat ini masih di produksi, Range Rover.

10. Patrick Le Quement

Le Quement merupakan desainer kelahiran Marseille, Prancis tapi banyak menimba ilmu desain di Inggris, jadi bisa dibilang darah Le Quement setengahnya adalah darah Inggris.

Peter Steven ( (Foto : Istimewa)Peter Steven ( (Foto : Istimewa)Le Quement merupakan desainer yang meletakkan garis desain baru untuk Renault seperti yang dapat dinikmati di Twingo, Megane dan Scenic. Mobil-mobil ini memiliki garis desain yang orisinal dan cukup berbeda dari desain mobil pada umumnya.(Sumber : Kaskus)

Sumber: www.tnol.co.id

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: